JAKARTA – Tiga relawan MER-C, yakni Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanzabil Al Ayubi sempat dinyatakan hilang kontak di Gaza, Palestina.

Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad memastikan ketiganya dalam kondisi selamat dan menunggu proses evakuasi. Sarbini mendapat kabar tersebut dari Reza secara langsung.

“Kami mendapatkan kontak dari sumber kami dan kami langsung berkomunikasi dengan salah satu relawan, yaitu saudara Reza,” ujar Sarbini dalam konferensi pers Rabu (22/11/2023).

“Kami menanyakan kondisi mereka, dan Reza mengatakan mereka bertiga ada di RSI Gaza dalam kondisi yang sehat dan selamat,” sambungnya.

Sarbini melanjutkan, saat ini ketiganya tengah dalam proses evakuasi. Dia menyebut kemungkinan Reza dkk bakal dievakuasi ke RS Al-Nasr di Gaza selatan atau ke Rafah.

“Mereka ditemani oleh 600 warga yang masih berada di RS Indonesia menunggu proses evakuasi ke selatan,” katanya.

Sebelumnya, keberadaan dan keselamatan Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanzabil Al Ayubi menjadi perhatian utama setelah beredar kabar serangan Israel terhadap RS Indonesia di Gaza yang menewaskan setidaknya 12 orang.

Meskipun RS Indonesia telah dikonfirmasi sebagai sasaran serangan, ketiga relawan MER-C menolak dievakuasi karena mereka berkomitmen untuk melanjutkan misi kemanusiaan di Gaza.

Jurnalis: Dewo