JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meminta masyarakat agar tidak terprovokasi oleh informasi palsu atau hoaks mengenai konflik antar-dua kelompok massa di Bitung, Sulawesi Utara.

“Dengan tegas kami mengajak seluruh warga negara untuk menggunakan platform digital secara bijak. Bersama-sama, mari kita tingkatkan kedamaian dan martabat Indonesia,” kata Budi dikutip Antara, Minggu (26/11/2023).

Dia mengajak masyarakat untuk cerdas dalam mencari informasi dan merujuk pada sumber informasi yang sah dan mengikuti pedoman otoritas pemerintah setempat.

Budi merekomendasikan agar masyarakat mencari informasi dengan menghubungi perwakilan pimpinan daerah terdekat guna menghindari penyebaran informasi yang belum terverifikasi dan bisa menyesatkan.

“Untuk mendapatkan informasi yang akurat, kami mengajak untuk berkomunikasi langsung dengan otoritas pemerintah daerah setempat dan musyawarah pimpinan daerah,” tuturnya.

Sebelumnya, pada Sabtu (25/11/2023), terjadi bentrokan di Kota Bitung, Sulawesi Utara yang melibatkan aksi massa bela Palestina dengan salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas).

Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, mengajak masyarakat untuk tetap menjaga situasi agar terkendali dan menghindari penyebaran foto dan video yang dapat memprovokasi.

“Marilah kita bersama-sama mendukung upaya pemerintah di lapangan dan tidak menyebarkan konten yang dapat memicu konflik,” katanya.

Jurnalis: Dewo