JAKARTA – Ketua DPR Puan Maharani berserta Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco menemui perwakilan dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang menggelar aksi protes di depan gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Apdesi mendesak DPR segera mengesahkan segera mengesahkan revisi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Jadi kami sudah menyepakati pada harii ni bahwa akan memulai dilakukan koordinasi dan membentuk kelompok kerja bersama antara DPR dengan perwakilan organisasi kepala desa. Untuk bisa membahas bersama-sama hal-hal yang diharapkan atau menjadi aspirasi dari para kades terkait dengan revisi RUU Desa,” ujar Puan kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Dia menegaskan, DPR akan menjalankan amanat tersebut sambil mengikuti mekanisme yang ada serta berkoordinasi dengan pemerintah terkait.

“Sekaligus menampung masukan ataupun aspirasi dari elemen-elemen lain sehingga nanti hal yang bisa dihasilkan bisa bermanfaat bukan hanya Kepala Desa tetapi juga buat seluruh desa di seluruh Indonesia,” ucap Pian.

Puan mengatakan sampai saat ini, DPR belum memutuskan pembahasan tersebut akan di lakukan di Komisi II atau di Badan Legislatif (Baleg).

“Namun yang pasti mulai besok DPR sudah melakukan masa reses, karena itu pimpinan DPR nantinya berkoordinasi¬† atau membentuk kelompok kerja yang ada. Ini kan harus dibicarakan dulu sesuai dengan mekanismenya,” pungkas Puan.

Jurnali: Agung Nugroho