JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Joe Biden dipastikan dalam keadaan aman, usai rombongan mobil iring-iringannya ditabrak sebuah kendaraan pada Minggu (17/12/2023) malam waktu setempat.

Seorang saksi mata mengatakan kepada Reuters bahwa orang nomor satu AS itu selamat dalam insiden tersebut. Ibu negara Jill Biden juga dalam kondisi baik.

Biden dan istrinya baru saja meninggalkan lokasi kampanye ketika tabrakan itu terjadi. Mereka dari markas kampanye Biden-Harris untuk Pilpres AS 2024 di pusat kota Wilmington.

Mereka keluar dari sana pada pukul 20.07 malam waktu setempat setelah santap malam bersama anggota tim kampanye.

Beberapa saat setelah Biden menanggapi pertanyaan dari seorang reporter, sebuah sedan perak dengan pelat nomor Delaware menabrak SUV iring-iringan Biden. Tabrakan itu berlangsung di persimpangan di seberang pintu masuk markas kampanye.

Tayangan televisi menunjukkan agen dinas rahasia langsung mengawal Biden ke mobil setelah insiden terjadi.

Sementara itu, sedan perak tersebut mengalami kerusakan pada bumper. Mobil itu dengan cepat dikelilingi petugas keamanan usai berhenti melaju.

Pasukan pengamanan presiden memojokkan mobil tersebut dan menodongkan senjata ke arah pengemudi yang mengangkat tangannya.

Belum diketahui siapa penabrak iring-iringan Biden tersebut.

Biden dan istri pulang dengan selamat ke kediaman mereka di Wilmington setelah insiden, demikian keterangan saksi.

Jurnalis: Dewo