JAKARTA – Hasil survei terbaru lembaga Arus Survei Indonesia menunjukkan bahwa mayoritas anak muda generasi Z (usia 17-23 tahun) mengaku puas dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin. Tingkat kepuasan mereka terhadap pemerintahan Jokowi berada di angka 70,4 persen.

“Sebanyak 70,4 persen anak muda Gen Z mengaku puas, gabungan sangat puas 20,2 persen dan cukup puas 50,2 persen terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, sementara yang mengatakan tidak puas 26,0 persen, gabungan kurang puas 22,7 persen dan sangat tidak puas 3,3 persen dan yang tidak tahu atau tidak jawab 3,7 persen,” kata Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an saat rilis hasil survei nasional bertajuk ‘Pemilih Gen Z: Preferensi Sosial Politik pada Pemilu’ di Hotel Alia, Cikini, Jakarta, Rabu (3/1/2024).

Menurut Ali, hasil survei ini menarik karena ternyata Gen Z yang rata-rata mahasiswa menilai kinerja pemerintahan Jokowi bagus. Bagi Ali, mahasiswa ini merupakan kelompok kritis dan umumnya otonom dalam memberikan penilaian.

“Gen Z ini kan berumur 17 tahun sampai 23 tahun, rata-rata mahasiswa, kelompok kritis. Tetapi terkait kinerja pemerintahan, dia masih menilai kinerja pemerintahan saat ini masih bagus,” pungkas Ali.

Jurnalis: Dewo