BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung melalui menyampaikan kondisi rel petak Jalur Haurpugur-Cicalengka suda bisa dilintasi. Sebelumnya jalur tersebut terputus karena kejadian tabrakan 2 Kereta Api (KA) yang terjadi pada hari Jumat (5/1/2024).

“Update hari ini jam 12.00 kereta api sudah bisa melewati jalur tersebut dengan puncak kecepatan 60 Km/jam dari kecepatan normal 80 hingga 90 Km/jam.” kata Manager Humas Daop 2 Ayep Hanapi kepada Indonesiaparlemen.com, Minggu (7/1/2024).

Dia mengatakan dengan dinyatakan aman jalur rel tersebut, baik KA lokal dan KA jarak jauh keberangkatan stasiun Bandung maupun Kiaracondong sudah bisa melewati jalur tersebut.

“Untuk KA Lokal dan KA jarak jauh keberangkan dari Stasiun Bandung maupun Kiaracondong sudah sesuai dengan jadwal Gapeka 2023,” ucap dia.

Ayep juga menyampaikan terkait insiden 2 KA tersebut PT KAI masih menunggu informasi atau keterangan resmi dari hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“KAI menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak berada di area jalur KA, karena dapat membahayakan dirinya sendiri dan juga pengguna kereta api,” ujar dia.

Sebelumnya, KAI memastikan petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka sudah steril dan dapat dilewati kereta api dengan kecepatan terbatas antara 10 Hingga 20 km per jam pada hari Sabtu, (6/1/2024).

KA pertama yang melintasi jalur tersebut yaitu KA Cikuray ( KA267) relasi Garut – Pasarsenen pada jam 08:56 WIB.

Jurnalis: Faisal