JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca nasional untuk Senin 29 Januari 2024. Prakirawan Syndhy Indah Pratiwi mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap banjir rob dan gelombang tinggi di wilayah-wilayah ini.

Menurutnya, BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di utara Papua Barat, serta belokan angin dan konvergensi di sebagai besar wilayah Sumatera, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali hingga Nusa Tenggara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

“Sirkulasi siklonik dan konvergensi ini membuat pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah tersebut,” ujar Syndhy dikutip dalam tayangan Info BMKG di YouTube, Minggu (28/1/2024) malam.

“Kemudian waspadai juga adanya fenomena fase bulan purnama yang memungkinkan terjadinya banjir rob di pesisir Kalimantan Barat dan pesisir Maluku Utara,” jelas Syndhy.

Selain itu, suhu udara di kota-kota besar Tanah Air berkisar antara 18 hingga 33 derajat celsius, dengan kelembapan udara antara 55 hingga 100 persen.