JAKARTA – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat tingkat keterisian penumpang atau okupansi WHOOSH stabil di atas 60%.

Pernyataan ini dilontarkan untuk menanggapi isu yang menyebutkan perjalanan kereta WHOOSH sepi penumpang.

“Bahkan jika melihat okupansi pada setiap keberangkatan kereta WHOOSH pada Sabtu 3 Februari 2024 sejumlah jadwal kereta di pagi hari okupansi mencapai hingga 98% per kereta,” ujar Corporate Secretary
PT KCIC Eva Chairunisa dalam siaran pers, Sabtu (3/1/2024).

Sejak dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023 hingga 1 Februari 2024, kata Eva, terdapat 1.578.099 tiket yang terjual dari total ketersediaan tempat duduk sebanyak 2.286.805. Berdasarkan data tersebut maka secara keseluruhan rata-rata okupansi WHOOSH mencapai 69% per hari.

“Dari data volume penumpang tersebut KCIC melihat antusias masyarakat sejak awal beroperasi hingga saat ini terus positif untuk menggunakan WHOOSH sebagai moda transportasi publik pilihan,” ujar Eva.

KCIC juga menambah jumlah perjalanan kereta WHOOSH yang awalnya hanya 14 perjalanan per hari, hingga saat ini menjadi 40 perjalanan perhari untuk dapat mengakomodasi masyarakat yang akan beraktivitas di wilayah Jakarta – Bandung.

Melalui penambahan jumlah perjalanan tersebut kapasitas angkut bertambah dan pilihan jadwal menjadi lebih banyak. Sehingga diharapkan dapat terus menarik minta masyarakat untuk menggunakan kereta WHOOSH.

Saat ini, KCIC juga mulai menerapkan tarif dinamis atau dinamic pricing pada perjalanan kereta WHOOSH. Ini merupakan strategi lainnya untuk terus meningkatkan minat masyarakat agar menggunakan transportasi publik.

Tarif dinamis adalah penentuan harga yang dilakukan tergantung permintaan (demand) dari penumpang.

Dengan skema baru tersebut maka harga tiket juga lebih beragam. Variasi tarif mulai dari Rp150.000, Rp175.000, Rp200.000, Rp225.000, hingga Rp250.000 untuk kelas premium ekonomi tergantung waktu keberangkatan WHOOSH.

Penerapan tarif dinamis ini memungkinkan penumpang mendapatkan tiket WHOOSH dengan harga yang lebih hemat bila melakukan perjalanan di waktu tertentu.