SORONG – Anggota MPR RI  Pdt. Mamberob Y. Rumakiek melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar kebangsaan pada hari Senin, 22 Januari 2024 bersama PAM GKI Klasis Teminabuan, di Auditorium GKI Marthen Luther Wermith Kabupaten Sorong Selatan, Papua.

Pada kesempatan itu dia menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar yang meliputi Pancasila, UUd 1945, NKRI, dan Bhinneka tunggal Ika merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan para anggota MPR di daerah pemilihan.

“Kegiatan Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman Pancasila sebagai ideologi Bangsa serta untuk meningkatkan rasa nasionalisme sesama anak bangsa,” kata Mamberob dalam keterangannya.

Dia juga mengingatkan persamaan hak bagi semua orang adalah merupakan prinsip dasar dalam bernegara.

“Oleh karena itu tidak boleh seseorang atas nama agama apapun kemudian melakukan ancaman dan tindakan kekerasan terhadap orang lain. Pemahaman tentang keberagaman suku, agama dan ras perlu disosialisasikan kepada generasi muda dan masyarakat umum sehingga rasa cinta terhadap sesama ditingkatkan,” sambung dia.

Dia meminta generasi muda agar tak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang mudah menyulut emosi.

“Kita berharap dengan adanya sosialisasi ini genarasi muda yang ada di Kabupaten Sorong selatan dapat menjadi agen perubahan dalam menjaga dan membangun kehidupan toleransi secara baik dengan tidak memandang status sosial,” Jelas dia.

Ideologi Pancasila, kata dia, adalah senjata ampuh untuk menangkal serangan atau ajaran-ajaran sesat yang ingin untuk menggantikan dasar negara Pancasila dengan paham yang lain.

Tak lupa dia mengimbau agar warga gereja khususnya pemuda untuk menjauhi narkoba. Pengaruh Narkoba sangat merugikan generasi muda.

“Karena pemuda saat ini adalah pemimpin di masa yang akan datang,” Pungkas dia.