JAKARTA – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03, Mohammad Mahfud MD percaya diri sejumlah kabar tentang kemenangan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka hanya dalam satu putaran.

Dia pun mempertanyakan kredibilitas sejumlah lembaga survei yang terus melaporkan dan menyebarkan data tentang prediksi perolehan suara atau elektabilitas paslon yang diendorse Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut telah menembus 50%.

“Masa ada survei seperti itu. Itu Penggiringan opini,” kata Mahfud MD di Sleman, Rabu (14/2/2024).

Mantan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan tersebut merasa yakin Pemilu 2024 tak akan dimenangkan dengan mudah oleh paslon 02. Dia pun percaya diri bersama Ganjar Pranowo akan menjadi presiden dan wakil presiden terpilih.

“Kita buktikan hari ini. Bahwa itu [Paslon 02 menang dalam satu putaran] tak terjadi,” ujar Mahfud.

Beberapa lembaga survei memang melaporkan sigi terakhir menjelang pemungutan suara. Dalam survei tersebut, Prabowo-Gibran diklaim sudah mencapai 51-53% suara.

Paslon dan tim pemenangan 02 memang kerap mengkampanyekan kemenangan dalam satu putaran. Selain percaya diri, mereka menilai pemilu satu putaran lebih menghemat anggaran dan meminimalisir potensi konflik berkepanjangan.