JAKARTA – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Matthew Miller mengucapkan selamat atas pemilu Indonesia yang telah digelar Rabu, 14 Februari 2024 kemarin.

“Kami mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia atas besarnya partisipasi mereka dalam pemilu hari ini,” kata Miller dalam pernyataan persnya, Kamis (15/2/2024).

Menurutnya, pemungutan suara ini merupakan bukti ketangguhan dan kuatnya komitmen masyarakat Indonesia, terhadap proses demokrasi dan lembaga pemilu.
“Kami menantikan pengumuman resmi hasil pemilu dari Komisi Pemilihan Umum,” imbuhnya.

Tahun ini, kata Miller, kedua negara merayakan 75 tahun hubungan diplomatik AS-Indonesia.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih dan pemerintah Indonesia berikutnya, serta badan legislatif, mengenai prioritas bersama yang bermanfaat bagi rakyat kedua negara, termasuk mengatasi perubahan iklim, memastikan Indo-Pasifik yang makmur dan aman, serta menjaga stabilitas internasional,” terang Miller.

Amerika Serikat dan Indonesia merupakan salah satu mitra dekat. Kedua negara, imbuh Miller berpedoman pada prinsip-prinsip Kemitraan Strategis Komprehensif.

“Bersama dengan pemerintahan baru Indonesia, kami akan berupaya mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kami dan mengatasi tantangan paling mendesak di abad ke-21,” tutupnya.

Hasil hitung cepat atau quick count masih berlangsung. Sementara ini, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dengan perolehan angka lebih dari 50 persen.