BALIKPAPAN – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan dua Sertifikat Hak Pakai yang diperuntukkan bagi Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Penyerahan berlangsung di Kodam VI/Mulawarman, Kota Balikpapan pada Rabu (28/2/2024).

Dalam sambutannya, Menteri AHY mengatakan bahwa banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghadirkan keadilan khususnya kepastian hukum hak atas tanah, termasuk aset negara seperti aset Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Adanya sertifikat tanah ia harapkan bukan hanya memberikan kepastian hukum atas aset TNI, namun juga bisa memitigasi adanya sengketa tanah dengan berbagai pihak.

Menurut Menteri ATR/Kepala BPN, penyerahan sertipikat ini bisa menjadi awal pembangunan fasilitas dari Kogabwilhan II.

“Tentunya mudah-mudahan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya karena ini menjadi awal yang baik, secara resmi kali ini. Dalam waktu dekat pembangunan Markas Kogabwilhan II bisa segera dilanjutkan, bukan hanya fasilitas komandonya saja tapi juga perumahan bagi para perwira karena ini sangat diperlukan,” tuturnya,

Selain menyerahkan sertipikat, Menteri AHY juga akan mengunjungi beberapa lokasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Ia akan meninjau secara langsung, menelaah kendala, sekaligus mengecek progres pekerjaan yang telah dilaksanakan.

“Kami ingin menuntaskan segala pekerjaan rumah dan target-target yang harus dituntaskan pada tahun 2024 ini,” ucapnya.