REMBANG – Dalam rangka memperingati hari Kartini ke-145 Dharma Wanita Persatuan Universitas Palangkaraya (DWP UPR) mengadakan wisata ziarah ke makam dan museum R.A Kartini di Rembang Provinsi Jawa Tengah Minggu (21/4/2024).

Sekretaris DWP UPR Henny Katarina mengatakan Raden Ajeng Kartini adalah pahlawan nasional yang dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

“Sangat penting kiranya untuk diperingati hari lahirnya sebagai pengingat akan hadirnya sosok perempuan yang membela hak kaumnya untuk mendapatkan akses dan persamaan derajat dengan kaum laki-laki,” kata dia.

Dia menyampaikan Dharma Wanita Persatuan mempunyai peran yang strategis dalam pembentukan dan pengembangan sumber daya manusia dengan turut berperan aktif dalam bidang pendidikan melalui pemahaman mengenai sejarah dan kebudayaan.

Henny juga mengharapkan kegiatan dapat menjadi sarana efektif untuk menginspirasi dan memotivasi seluruh anggota DWP UPR dalam mengikuti jejak perjuangan R.A Kartini. Serta mengembangkan potensi anggotanya menjadi anggota yang unggul dan berkarakter.

Jurnalis: AF