PALANGKARAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema Transportasi Perguruan Tinggi Menuju Indonesia Emas.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rahan Gedung Rektorat UPR Senin (15/7/2024) lantai 2 ini menghadirkan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria sebagai narasumber.

Rektor UPR, Salampak mengapresiasi kehadiran Rektor IPB tersebut menjadi narasumber dalam kuliah umum yang diselenggarakan oleh UPR.

Salampak menyampaikan bahwa walaupun UPR tergolong Perguruan Tinggi Negeri yang kecil dengan segala keterbatasannya tapi dia berharap tetap harus terus memaksimalkan potensi dan siap bersaing dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lain nya.

“Kita (UPR) tidak boleh terus mengeluh tapi bagaimanapun caranya harus dapat memaksimalkan potensi yang ada dan harus bersaing dengan PTN yang lain,” kata Salampak.

Dia juga mengatakan UPR harus mempersiapkan mahasiswa sebagai anak muda penerus bangsa dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045 mendatang.

Rektor IPB Arif Satria menyampaikan tantangan global saat ini yakni transformasi pendidikan tinggi dalam mempersiapkan SDM unggul dan inovasi unggul dalam industrialisasi baru.

“Tantangan saat ini Great Distruption yang meliputi iklim, revolusi industri 4.0, pandemi COVID-19, konflik dan perang,” ujarnya.

Jurnalis: AF