JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga wakil menteri (wamen) Kabinet Indonesia Maju. Thomas Djiwandono dilantik menjadi Wamen Keuangan hingga Sudaryono jadi Wamen Pertanian.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/7/2024), oleh Presiden Jokowi. Selain Thomas dan Sudaryono, Jokowi turut melantik Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Yuliot Tanjung, menjadi Wamen Investasi.

Thomas Djiwandono atau Tommy merupakan anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi untuk pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Tommy juga menjabat Bendahara Umum (Bendum) Partai Gerindra.

Sementara itu, Sudaryono merupakan Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah (Jateng). Sudaryono berkarier di sejumlah perusahaan swasta di bidang energi hingga media sejak 2024.

Kabar pelantikan Tommy dan Sudaryono sebelumnya disampaikan oleh Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. Dasco membenarkan dua kader Gerindra menjadi wakil Menteri cabinet Jokowi.

“Hari ini rencana akan dilantik Tommy Djiwandono sebagai Wamenkeu dan Sudaryono jadi Wamentan. Itu saja berita yang baru saya terima semalam,” kata Dasco saat dikonfirmasi, Kamis (18/7/2024).