JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dinyatakan positif covid-19 saat dalam perjalanan kampanye ke Las Vegas. Biden diketahui mengalami gejala ringan.

Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengumumkan pada hari Rabu bahwa hasil tes positif untuk Demokrat berusia 81 tahun itu setelah presiden UnidosUS, sebuah organisasi hak-hak sipil Latino, mengatakan Biden tidak akan dapat berbicara di acara yang dijadwalkan karena diagnosis tersebut.

“Dia telah divaksinasi dan disuntik vaksin tambahan dan mengalami gejala ringan,” kata Jean-Pierre, seperti dikutip dari TRT World, Kamis (18/7/2024).

“Biden akan kembali ke Delaware di mana dia akan mengisolasi diri dan akan terus menjalankan semua tugasnya sepenuhnya selama waktu itu,” kata Jean-Pierre.

Gedung Putih akan memberikan informasi terkini secara berkala tentang status Presiden saat ia terus menjalankan tugas kantor secara penuh saat menjalani isolasi.”

Dokter pribadi Biden mengatakan bahwa presiden terserang pilek dan “batuk tidak berdahak” pada Rabu sore.

“Ia merasa baik-baik saja untuk acara pertamanya hari itu, tetapi mengingat ia tidak merasa lebih baik, pengujian di tempat untuk covid-19 dilakukan, dan hasilnya positif untuk virus covid-19,” kata dokter tersebut dalam sebuah pernyataan yang dibagikan oleh Gedung Putih.

Gejala Biden “tetap ringan,” dengan suhu dan laju pernapasan normal serta pembacaan oksimetri nadi 97 persen.

“Presiden telah menerima dosis pertama Paxlovid. Ia akan mengisolasi diri di rumahnya di Rehoboth,” kata dokter tersebut.