PALANGKARAYA – Pembukaan dan sosialisasi Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya telah dilaksanakan dengan sukses pada hari Sabtu (21/7/2024).

Program ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Marang Menuju Kampung Iklim Tanggap Bencana dengan Aplikasi FloAlert Berbasis Smartphone”.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak antara lain Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Palangka Raya (UPR), Bapak Wijanarka, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kedokteran UPR, dr. Ni Nyoman Sri Yuliani, Pembina Tim PPK ORMAWA TBM Tingang Menteng, Ibu Farah Fauziyah Radhiyatulqalbi Ahmad, Perwakilan Dharma Wanita Persatuan UPR, Kapolsek Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya, BABINSA Kelurahan Marang, Bidan Puskesmas Pembantu Kelurahan Marang, Seluruh RT/RW di kawasan Kelurahan Marang.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Wijanarka menyampaikan apresiasi kepada Tim Pelaksana PPK ORMAWA TBM Tingang Menteng atas inisiatifnya dalam melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kelurahan Marang dalam meningkatkan kesiapsiagaan mereka terhadap bencana alam, khususnya banjir,: kata dia.

Kegiatan ini kemudian dibuka oleh Bapak Widikdo selaku Lurah Marang, Palangka Raya
Tim Pelaksana PPK ORMAWA TBM Tingang Menteng terdiri dari 15 mahasiswa universitas Palangka Raya, 4 mahasiswa dari Fakultas Teknik Informatika dan 11 dari Fakultas Kedokteran.

Melalui program ini, mereka berupaya untuk memberikan kontribusi nyata melalui pelatihan, edukasi, dan berbagai inisiatif yang bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi situasi darurat.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pengenalan berbagai program kerja, salah satunya adalah aplikasi FloAlert, sebuah aplikasi berbasis smartphone yang dikembangkan oleh Tim.

Pelaksana PPK ORMAWA TBM Tingang Menteng. Aplikasi ini dirancang untuk membantu masyarakat dalam memantau informasi cuaca dan peringatan dini bencana banjir. Sosialisasi ini disampaikan langsung oleh Tim Pelaksana PPK ORMAWA TBM Tingang Menteng.

Kegiatan PPK ORMAWA ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan masyarakat Kelurahan Marang dalam menghadapi bencana alam, khususnya banjir yang rutin terjadi di Kelurahahan Marang. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkuat hubungan antara mahasiswa UPR dengan masyarakat di sekitar.

Jurnalistik: AF