Latihan Aikido oleh Yayasan Kharisma

JAKARTA – Sebanyak 21 orang dengan latarbelakang pengguna narkotika dan terdampak HIV mengikuti pelatihan Aikido yang diselenggarakan oleh Yayasan Kharisma.

Syahrul Syah Program koordinator Yayasan Karisma mengatakan dalam latihan ini, peserta diajarkan dasar-dasar relaksasi fisik dengan harapan berkembang secara alami menjadi relaksasi mental.

“Ketekunan dalam berlatih akan memperkuat kepercayaan diri yang dimanifestasikan dalam tubuh yang bergerak – percaya diri serta kuat,” kata dia lewat keterangan tertulis, Rabu (10/8/2022).

Dia menjelaskan, pembelajaran teknik dasar Aikido akan disesuaikan pada kemampuan serta kebutuhan tiap peserta, termasuk memperkaya secara wawasan psikologis.

“Reaksi tegang dan defensif terhadap tekanan dan konflik yang seringkali didapat oleh para mantan pengguna narkotika, hanya menciptakan lebih banyak. Para mantan pengguna narkotika ditempa melalui pengalaman fisik yang sangat konkret, seorang praktisi Aikido belajar untuk menghadapi situasi kehidupan secara proaktif dan konstruktif,” jelas dia.

Dia mengatakan, peserta yang juga mantan pengguna narkotika juga memiliki hak untuk memanfaatkan setiap situasi yang dapat digunakan sebagai batu loncatan bagi pertumbuhan kehidupan yang lebih besar.

“Dengan begitu, mereka belajar untuk membuka diri terhadap pengalaman secara lebih positif, sehingga pikiran berkembang dan menjadi kuat,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho