JAKARTA – Kabar terbaru dari aplikasi pesan singkat terlaris WhatsApp yang tidak akan lagi bisa digunakan di beberapa ponsel pintar atau smartphone iOS maupun Android per 1 November 2021. Aplikasi pesan instan milik Facebook itu secara resmi telah menghentikan dukungan untuk perangkat yang menjalankan Android 4.0.2 dan iOS 8.

Aplikasi milik Facebook itu akan menghentikan dukungan untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi (OS) Android 4.0.3 dan iOS 8 ke bawah. WhatsApp hanya akan fokus memperbarui dan menambah fitur pada generasi smartphone terbaru untuk mengoptimalkan layanan yang diberikan.

Pada bagian FAQ-nya, WhatsApp merekomendasikan untuk menggunakan ponsel Android yang menjalankan OS 4.0.3 atau iPhone yang menjalankan iOS 9 ke atas. Jadi, sebagian besar smartphone di pasaran menjalankan versi terbaru dari sistem operasi saat ini, Android dan iOS, pengguna sebetulnya tidak perlu khawatir.

Namun, jika masih tetap menggunakan ponsel lama, maka artinya kamu perlu mengganti model ponsel baru. Seperti dikutip VIVA Tekno dari laman Gizmochina, berikut daftar ponsel yang pasti diblokir WhatsApp 3 minggu lagi: