Puskesmas Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur memperingati hari TBC sedunia dengan memberikan penyuluhan tentang penaganan dan pencegahan, Jumat (24/3/2023). Dok: Udin/IP

JAKARTA – Puskesmas Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur memperingati hari TBC sedunia dengan memberikan penyuluhan tentang penaganan dan pencegahan.

“Hari ini tanggal 24 Maret 2023 diperingati sebagai Hari Tuberkulosis TBC Sedunia. fokus pada TBC anak, dan dokter umumnya biar bekerja sama, tracking lebih dalam lagi,” kata dr Salsabila dalam sosialisasi, Jumat (24/3/2023).

Dia menceritakan kerap memberi penyuluhan kepada keluarga pasien terkait penanganan penderita TBC. Untuk pencegahan, dia mengatakan menggunakan tes mantuk.

“Sehingga anak-anak yang sekiranya, bergejala dan berpotensi, terinfeksi TBC cepat di tracking, bila memang terindikasi trackingnya agar bisa langsung diobati,” ucap dia.

Sebagai informasi, Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit menular yang biasanya menyerang paru-paru, meskipun sebenarnya dapat mengenai organ apa pun di dalam tubuh.

“Infeksi TBC berkembang ketika bakteri masuk melalui droplet (percikan lendir) di udara. TBC bisa berakibat fatal, tetapi dalam banyak kasus, TBC dapat dicegah dan diobati,” jelas Salsabila.

Jurnalis: Syahrudin Akbar