DEPOK – Kondisi Kali Binong di Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok belakangan ini mulai menyempit dengan dipenuhi dedaunan, tumbuhan dan rumput liar, serta sampah.

Hal ini nampaknya menjadi perhatian para personel Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 di Depok, yang tengah bekerja melakukan normalisasi Sungai Baru dan pengerasan Jalan Lembah Griya di Cipayung Jaya tak jauh dari Kali Binong, sejak 16 Oktober.

Karenanya sebagian personel Satgas TMMD di Depok, akhirnya diturunkan untuk membersihkan Kali Binong, berdasar inisiatif dan kesadaran sendiri juga karena laporan warga, Sabtu (20/10/2018).

Ada sebanyak 20 personel Satgas TMMD yang diturunkan membersihkan Kali Binong, meskipun Kali Binong bukanlah sasaran fisik giat TMMD le 103 di Depok, tahun 2018.

Satgas TMMD dibantu juga belasan Satgas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, juga sejumlah warg setempat.

Mereka membersihkan Kali Binong dari rumput dan tumbuhan liar serta sampah dedaunan dan sampah lainnya yang mengakibatkan kali kian menyempit.

Pembersihan Kali Binong dipimpin Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0508/Depok, Kapten Inf Ibrahim, yang juga pengawas Satgas TMMD ke-103 di Depok.

“Meski kali Binong, bukan merupakan sasaran fisik TMMD ke 103 Depok, namun kondisinya yang mulai kotor dan menyempit membuat kami turun tangan untuk membersihkannya dalam bentuk karya bhakti atau kerja bakti,” kata Ibrahim, Sabtu.

Hasilnya kata Ibrahim sejak pagi sampai siang hari, sudah cukup banyak titik di kedua sisi aliran Kali Binong yang dibersihkan dan sedikit dilebarkan Satgas TMMD.

“Sampai ini sudah sekitar sepanjang 650 meter, aliran Kali Binong yang berhasil kami bersihkan. Hasilnya cukup lumayan sehingga membuat aliran kali lebih enak dilihat,” katanya.

Selain itu kata dia sangat jelas terlihat bahwa aliran Kali Binong makin lancar dan tidak lagi terhambat sampah, dedaunan dan tumbuhan liar.

Yahya, Ketua RT setempat mengaku sama sekali tak menyangka kalau personel Satgas TMMD ke 103 di Depok, juga ternyata membersihkan Kali Binong.

Sebab kata dia Kali Binong bukanlah sasaran fisik giat TMMD ke 103 di Depok seperti yang ditentukan direncanakan.

“Saya dan warga tentunya senang sekali dengan dibersihkannya Kali Binong oleh Satgas TMMD. Ternyata Satgas TMMD dalam bekerja, tidak hanya berdasar pada apa yang ditentukan dan direncanakan saja, tetapi juga melihat kebutuhan dan kepentingan warga,” paparnya.

Karenanya Yahya mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para Satgas TMMD ke 103 di Depok. “Keberadaan prajurit TNI di tengah warga, adalah keuntungan kami dan sangat memberikan manfaat,” katanya. (Glen)