Megapolitan

Dukungan Dari Keluarga Diperlukan Untuk Sukseskan Vaksinasi Lansia

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Kepala Puskesmas Kecamatan Pademangan, dr. Octoviana Carolina mengajak warga lanjut usia (lansia) untuk memanfaatkan program vaksinasi Covid-19. Dukungan dari keluarga lansia juga diharapkan agar pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berjalan optimal.

“Kendala yang terjadi di lapangan diantaranya anggota keluarga yang masih belum mengizinkan orang tuanya untuk di vaksin. Kemudian dibutuhkan pendampingan bagi lansia yang akan mengakses layanan vaksinasi Covid-19 di fasilitas kesehatan yang tersedia,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (26/4/2021).

Hingga saat ini, jumlah peserta vaksinasi Covid-19 lansia di wilayah Kecamatan Pademangan mencapai 7.463 orang yang terbagi dari Kelurahan Pademangan Barat (3.075), Kelurahan Pademangan Timur (2.661) dan Kelurahan Ancol (1.727).

Baca Juga :  Bacaleg DPRD Kabupaten Tangerang, Anneh Charolin Lakukan Kunjungan Silahturahmi Ke FKBSS

Untuk mengedukasi lansia dan keluarga tentang program vaksinasi COVID-19. Puskesmas Kecamatan Pademangan bersinergi dengan jajaran kelurahan, pengurus Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU), pengurus RT/RW, kader dasawisma dan kesehatan. Tak hanya itu, peran dari lintas sektor termasuk Polsek Pademangan, Artha Graha dan Pasar Pagi Mangga Dua juga dilibatkan untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di wilayah Kecamatan Pademangan.

“Kegiatan vaksinasi dinamis masih dilakukan di sejumlah Pos RW terutama di Kelurahan Pademangan Barat. Dengan adanya layanan vaksinasi di lingkungan masyarakat akan mempermudah warga lansia dalam menjangkau tempat layanan vaksinasi. Namun, para lansia harus tetap didampingi saat mengikuti tahapan vaksinasi dan tetap menjalankan protokol kesehatan” himbau dr. Octoviana.

Baca Juga :  Mina Vision Merangkul LD PBNU Untuk Mengisi Acara Ramadhan

Sebelum melaju ke tahap penyuntikan vaksin, tim kesehatan terlebih dahulu akan melakukan verifikasi data dan skrining kesehatan. “Nanti akan dicek kesehatan, apabila dalam kondisi sehat maka warga lansia itu diperbolehkan untuk divaksin. Jika dalam keadaan sakit berat tidak akan dapat divaksin. Sedangkan lansia yang memiliki komorbid akan ditunda vaksinasinya,” terangnya.

Reporter : Bintarsih

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button