Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menghadiri acara Musyawarah kerja dan Rapat Kerja Nasional Persatuan Perangkat Deaa Indonesia (PPDI) di Sumatera Selatan, Minggu (27/11/2022). Dok: ist

SUMSEL – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri acara Musyawarah kerja dan Rapat Kerja Nasional Persatuan Perangkat Deaa Indonesia (PPDI) di Sumatera Selatan, Minggu (27/11/2022).

Menhan Prabowo mengucapkan terima kasih karena diundang ke acara Musyawarah Kerja dan Rapat Kerja Nasional PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia).

“Bagi saya PPDI ini merupakan organisasi yang bisa dikatakan paling dekat dengan masyarakat. Kalian yang paling tahu keadaan dan apa yang dirasakan oleh masyarakat kita,” ujarnya dalam pidato acara PPDI.

Dia menyampaikan sebuat pesan dengan mengutip perkataan seorang Kiai, yakni berdoa, sembahyanglah seolah-olah kamu akan mati satu hari lagi.

“Tetap berjuanglah, seolah-olah kamu akan hidup seribu tahun. Pesan ini saya sampaikan kembali kepada anda semua, bahwa yang sedang kuat, bersyukurlah kamu diberikan kekuatan dengan membantu yang lemah. Yang kaya, bersyukurlah dan berpikirlah bagaimana bisa membantu yang masih kurang mampu,” ucap dia.

Dia mengaku selalu mengajarkan nilai-nilai tersebut kepada orang-orang terdekatnya untuk slaing membantu.

Kalau kau tidak bisa bantu banyak orang, kata Prabowo, maka bantulah beberapa orang. Kalau tidak bisa bantu beberapa, bantu satu orang.

“Nilai-nilai penting inilah, persatuan dan tenggang rasa yang akan membuat bangsa kita lebih hebat lagi,” pungkas dia.

Jurnalis: Bambang Santoko