Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD saat rapat dengar pendapat di DPR RI. Dok: Tangkapan layar Youtube

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD ikut buka suara soal harta kekayaan mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo.

Mahfud MD mengungkapkan, berdasarkan laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), ada transaksi keuangan agak aneh milik Rafael Alun Trisambodo.

Dia menambahkan, keganjilan dalam laporan transaksi keuangan Rafael Alun itu sudah diserahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak 2012.

“Ya, biar diaudit (laporan keuangan Rafael) Laporan kekayaan yang bersangkutan di PPATK itu sudah dikirimkan oleh PPATK sejak tahun 2012, tentang transaksi keuangannya yang agak aneh,” kata Mahfud, Jumat (24/2/2023).

Dia menyebut,kejanggalan transaksi keuangan Rafael Alun yang dilaporkan PPATK sejak 2012 itu belum ditindaklanjuti oleh KPK.

Namun dengan adanya kasus yang turut menyorot Rafael Alun ini, Mahfud MD berharap, lembaga antirasuah ini dapat segera menangani laporan itu.

“Tetapi oleh KPK belum ditindaklanjuti. Jadi itu saja. Biar sekarang dibuka oleh KPK,” ujar Mahfud.