Ketua BSSN Hinsa ketika menjadi keynote speech dalam acara Huawei Indonesia Media Camp 2022 pada Kamis (8/12/2022) di kampus Institut Teknologi Del Laguboti, Toba Samosir, Sumatera Utara. Dok: BSSN

NTT – Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hinsa Siburian menyebut BSSN berfungsi sebagai bagian dari pengamanan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean 2023. Termasuk menyakinkan semua ruang siber dalam situasi aman dan lancar.

“Dalam hal ini semua sistem elektronik yang di gunakan penyelenggaraan KTT Asean Ini harus kita yakinkan bahwa semua berjalan aman dan lancar tidak terjadi gangguan penyelengaraan maupun sistem kerjanya,” kata Hinsa Siburian dalam siaran You Tube komunikasi publik BSSN, Jumat (12/5/2023).

Menurutnya, KTT Asean 2023 merupakan agenda penting untuk pertumbuhan di kawasan asia tenggara yang berdamak positif di tingkat internasional.

Sebagai Kepala BSSN mempimpin langsung di lokasi acara KTT Asean 2023, Hinsa Siburian berkata, bahwa operasi tersebut sudah di rencanakan serta dipersiapkan dengan baik.

“Saya harus yakin, pelaksanaannya itu berjalan sesuai dengan kita perencanaan dan persiapkan.Kalau melaksanakan oprasi biasa ada dinamika jika harus segera kita putuskan bisa langsung karena saya berada disini (Tempat KTT Asean),” ungkap dia.

Kemudian, tentu harus berkoordinasi dengan TNI-Polri dan semua stakeholder yang ada seperti panitia penyelenggara KTT Asean 2023 serta pemerintah setempat.

“Dengan berakhirnya penyelenggaraan KTT dengan baik ya, dari sisi keamanan tentu kami dari Badan Siber dan Sandi Negara menyampaikan terima kasih ke semua stakeholder terkait, khususnya masayarakat NTT di labuan bajo ini atas suportnya,” tutupnya.

Jurnalis: Dirham