Kepala Pusat Alat Peralatan Pertahanan Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan) Marsma TNI Yusran Lubis menyambut kedatangan pesawat ketiga C-130J Super Hercules dengan tail number A-1343 produksi Lockheed Martin Amerika Serikat. Dok: Kemhan

JAKARTA – Kepala Pusat Alat Peralatan Pertahanan Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan) Marsma TNI Yusran Lubis menyambut kedatangan pesawat ketiga C-130J Super Hercules dengan tail number A-1343 produksi Lockheed Martin Amerika Serikat.

Pesawat angkut berat tersebut tiba di Lanud Halim Perdanakusuma disambut dengan tradisi water salute dan pengalungan slempang batik kepada empat crew pesawat C-130J Lockheed Martin oleh Pangkoopsudnas Marsdya TNI Toni Harjono, Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Sebelumnya, pesawat pertama dan kedua telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto serta diserahkan kepada Kepala Staf Angkatan Udara beberapa waktu yang lalu.

Pesawat pertama dan kedua menjalani penerbangan pengantaran atau ferry flight langsung dari Amerika Serikat ke Lanud Halim Perdanakusuma.

Kedatangan pesawat C-130J Super Hercules A-1343 ini merupakan bukti dari komitmen Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk meningkatkan kekuatan Alutsista TNI dan pengadaan Alutsista dalam jangka waktu 25 tahun ke depan.

Jurnalis: Bambang Santoko