JAKARTA – Jalan tol Becakayu yang menghubungkan Bekasi, Cawang, dan Kampung Melayu, pengoperasiannya di resmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Ruas jalan tol yang siap dioperasikan itu adalah seksi 1B yang menghubungkan Cipinang Melayu dan Pangkalan Jati serta seksi 1C yang menghubungkan Pangkalan Jati dan Jaka Sampurna. Panjang kedua ruas jalan tol itu kira-kira 8,26 kilometer, rencananya sudah dapat digunakan mulai besok.

“Besok Becakayu sudah bisa dipakai, yang panjangnya kurang lebih 8 kilometer. Paling tidak ini bisa membantu mengurai kemacetan yang telah bertahun-tahun,” ujar Presiden Jokowi saat peresmian, Jumat (3/11/17) siang.

Menurutnya, pembangunan jalan tol Becakayu sudah mangkrak sejak dua puluhan tahun lalu. Maka dari itu, pemerintahannya akan terus melakukan pembangunan jalan tol tersebut hingga tuntas. 

“Akan diteruskan ke Tambun, ke Bekasi Barat. Sehingga akses dari Jakarta ke Bekasi akan semakin lancar,” ujarnya.

Yang menarik dari peresmian jalan tol ini, Presiden langsung mencoba ruas jalan tol itu dengan menggunakan sebuah jip dan diikuti oleh iring-iringan mobil jip di belakangnya. Para pejabat yang hadir di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, serta sejumlah pimpinan PT Waskita Karya. (Jones)