JAKARTA – Untuk mengurangi volume sampah yang bakal di kirim ke Bantar Gebang Bekasi, pihak Dishub Terminal Kalideres Jakarta Barat, kini telah mendirikan ‘Bank Sampah Terbus’ yang ada dibelakang terminal Akap.

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen yang didampingi Komandan Regu Dishub terminal, Gathut Nur. W. Berdirinya bank sampah terbus itu, berkat kerjasama antara pihak Dishub terminal, dengan Camat Kalideres dan Lurah Kalideres. Didirikannya Bank sampah ini, Kata Revi, maksud dan tujuannya untuk menindaklanjuti instruksi Walikota Jakarta Barat yang melalui Sudis KLH Jakarta Barat. 

“dimana agar bisa mengurangi volume sampah maupun dapat memilah sampah Organik dan non organik khususnya di terminal, Kami bekerjasama dengan Pak Camat Kalideres, Supriyadi dan Lurah Kalideres, Fahmi. mendirikan Bank sampah di terminal bus agar tujuannya  dapat memilah sampah serta menabung sampah dan juga mengurangi volume sampah yang nantinya bakal di kirim ke Bantar gebang,” Kata Revi.

Revi menjelaskan, sampah hasil dari kerja bakti yang melibatkan berbagai unsur, diantaranya Pihak Kecamatan dan Pihak Kelurahan Kalideres maupun karyawan Dishub, karyawan PO dan para pedagang kios di lokasi terminal. 
Sebelumnya sudah di angkut dan di buang oleh petugas KLH Kecamatan Kalideres, ke lokasi Bantar Gebang. Namun saat ini, lanjut revi pihak Dishub Terminal Kalideres kini sudah menyiapkan bank sampah agar nantinya sampah tersebut bisa di pilah pilah mana yang organik dan mana yang non organik.

“Jadi dengan adanya Bank sampah di terminal bus ini, minimal bisa di pilah pilah dan supaya dalam pengiriman sampah ke Bantar gebang volumnya dapat berkurang. Yah kalau bisa sih pembuangan itu sekitar lima puluh persen. Dan tentunya hal ini juga  nantinya bisa menghasilkan bagi petugas Creaning Cervice.” ucapnya.
Revi menambahkan, Bank sampah yang di dirikan di terminal bus Kalideres tujuannya juga untuk mengurangi penumpukan maupun volume sampah di Bantar Gebang. “Sampah di terminal Kalideres ini juga nanti akan kita pilah pilah. Dan kita juga akan bekerjasama dengan petugas KLH untuk melakukan Operasi Tangkap Tangan bagi penumpang yang membuang sampah sembarangan.” Ujarnya. (Leman)