ACEH TIMUR – Ajang perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Ke XXXIII yang berpusat di Kabupaten Aceh Timur sudah berlangsung selama tiga hari. Dalam ajang tersebut, selain lomba membaca Alquran dengan indah juga banyak cabang-cabang lomba lainnya. Ada satu cabang lomba yang menjadi unggulan dan selalu ditunggu disetiap ajang Musabaqah.
Lomba khattil Quran atau yang lebih dikenal dengan sebutan lomba seni kaligrafi Alquran, yang berlangsung di Aula Dinas Kesehatan yaitu arena 8, Selasa (21/11/2017).

Drs. Usman Musa, Ketua Dewan Hakim Bidang Kaligrafi mengatakan, cabang khattil Quran memiliki empat kategori diantaranya kategori naskah, kategori hiasan mushaf, kategori dekorasi dan kategori kontemporer.

“Cabang lomba ini diikuti 42 orang peserta yang mewakili 23 Kabupaten/Kota Se Aceh, dengan jumlah peserta putra 23 orang dan peserta putri berjumlah 19 orang,” jelas Usman Musa.

Disebutkan, pada hari pertama kategori Naskah, hari kedua kategori Hiasan Mushaf, di hari ketiga kategori Dekorasi dan rabu (22/11) adalah untuk kategori kontemporer dan finalnya pada hari Jumat tanggal (24/11) nanti”, ungkap Usman.

“Cabang Khattil Quran atau yang lebih dikenal lomba seni kaligrafi ini masih dalam tahap penilaian dan penyisihan, dari 42 peserta. Setelah tahap penilaian kemudian baru kita ketahui siapa saja peserta yang akan tersisih,” demikian uraian Drs. Usman Musa Ketua Dewan Hakim Bidang Kaligrafi. (Yuni)