TANAH DATAR – Pelaksanaan Pengentasan Kemiskinan di kabupaten Tanah Datar semakin gencar dilakukan oleh Pemerintah setempat, buktinya hingga saat ini sebanyak 260 unit rumah tidak layak huni  direhab dan sudah bisa ditempati oleh warga tidak mampu, dan hingga akhir Desember 2017 ditargetkan selesai 915 unit yang direncanakan.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial, Sejak program Gerakan Pugar Rumah Bagi Masyarakat Tidak Mampu (Gapura Mantap) digulirkan oleh Pemerintah kabupaten Tanah datar pada 27 Agustus lalu, telah 260 unit telah bisa ditempat.

Kepala Dinas Sosial Tanah Datar Drs. Yuhardi kepada Bnews, Kamis (23/11) mengungkapkan,Program Gapura Mantap diluncurkan sebagai upaya Pemerintah untuk menekan angka kemiskinan.

“satu hal yang membuat kita gembira seperti di Kecamatan Sungai Tarab, Pelaksanaan program ini yang diambil melalui dana APBN yang berpos di Kementrian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat dengan anggaran sebesar + Rp. 1.125.000.000,-  untuk 85 unit rumah miskin,” Sebut Yulhardi.

Disampaikan, Pelaksanaan pembangunan 85 rumah tersebut mendapat dukungan dari masyarakat sehingga yang semula diperkirakan perunit dibantu sejumlah Rp 13 juta lebih,namun berkat swadaya masyarakat harga rumah tersebut mencapai Rp 4o juta.

Sementara itu Tambah Yulhardi, Di Kabupaten Tanah Datar bantuan dana BSPS untuk  260 unit sebesar  Rp. 3.225.000.000,- “ini tersebar di dua  kecamatan yakni  Sungai Tarab dan Batipuh,” Sebut Yulhardi. (nazwira)