ACEH UTARA – Beberapa desa di Kecamatan Pirak Timu Kabupaten Aceh Utara terendam air dengan ketinggian air lebih kurang 60 cm sampai dengan 1 meter. Diperkirakan air semangkin bertambah dan sampai saat ini air sudah mencapai di jalan perkampungan.

Terendamnya perkampungan di Kecamatan Pirak Timu diakibatkan dari luapan air sungai Krueng Peto dan sungai Krueng Pirak.

Desa – Desa tersebut adalah Desa Reungkam, Desa Trieng Krueng Kreeh, Desa Asan Krueng Kreeh, Desa Bracan Rata, Desa Glumpang, Desa Bungon, Desa Rayek Pange, Desa Matang Keh, Desa Krueng Pirak, Desa Leupe, DesaTeupin U, Desa Munye VII dan Desa Tanjong Serkuy.

Menurut informasi dari Danramil 28/Pirak Timu, Kapten Chb Edi Wijaya melalui Babinsanya, Sertu Sumarno, Sabtu (2/12/2017), mengatakan,
Banjir melanda Kecamatan Pirak Timu. Kondisi saat ini, 13 desa terendam air. Malah, rumah warga dan lahan sawah yang belum ditanam pun ikut terendam air. Meluapnya air sungai diakibatkan karena hujan terus mengguyur Kabupaten Aceh Utara beberapa hari ini. 

“Hingga sampai sekarang, air belum surut. Sedangkan untuk masyarakat Kecamatan Pirak Timu yang terkena banjir belum ada yang mengungsi,” sebutnya.

Koramil bersama Muspika Pirak Timu dan perangkat desa, hingga saat ini terus memantau perkembangan luapan air sungai. (Muhd)