BATUSANGKAR – Sempat mendampingi Presiden RI Joko Widodo saat berkunjung ke Nagari Tuo Pariangan awal Februari lalu di sela-sela acara puncak Hari Pers Nasional, Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar kembali datang ke nagari yang dinobatkan sebagai salah satu desa terindah di dunia ini.

Namun kunjungan kali ini bukan kunjungan kerja yang disambut dengan acara seremonial tetapi liburan keluarga. Dirinya dan keluarga menginap di hotel Emersia Batusangkar, Jumat pagi (30/03/2018), Archandra didampingi Ny. Aulin Archandra beserta dua putri beliau Syifa dan Zahra terlihat sangat menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian nagari Pariangan yang disebut masyarakat sebagai puncak Mortir.

Masyarakat dan pengunjung lainnya pun tidak menyangka sosok sederhana dan murah senyum ini ternyata pejabat negara. Archandra urang awak asal Pariaman ini juga tidak sungkan menerima ajakan foto bersama dengan masyarakat dan pengunjung lainnya.

“Ambo indak manyangko bisa salaman dan foto bareng pak Archandra yang acok di liek di tivi, beliau sangat ramah,” ungkap Anhar asal 50 Kota.

Di sela-sela menikmati minuman kawan daun dan gorengan, Archandra menuturkan, “Pagi ini kita berkesempatan untuk datang ke Nagari Pariangan, Desa terindah di Dunia dan memang diakui indah. Mungkin ada beberapa hal yang bisa kita tingkatkan lagi agar lebih lebih baik lagi,” bincangnya dengan H. Jemmy Kabid pada Dinas Pariwisata dan Sekcam Pariangan Mashuri M.

“Insha Allah nanti kita diskusikan dengan Kementerian yang lain, membicarakan apa yang akan kita lakukan untuk memanfaatkan potensi yang ada agar bisa dikembangkan,” tutur Archandra yang dikenal lama berkarir di negeri Paman Sam ini.

Sebelumnya Archandra berkunjung ke Istano Basa Pagaruyung. Di sini Wamen Archandra bersama keluarga juga sangat antusias mendengar penjelasan guide Istano Yoseptian Suheri tentang sejarah Istano, peristiwa kebakaran, proses dibangun kembali dan filosofi-filosofi yang terkandung dalam bangunan Istano Basa Pagaruyung.

Di kesempatan itu Archandra bersama keluarga berkesempatan foto bersama dengan pakaian adat Minangkabau.

“Kepada dunsanak yang ada di Tanah Datar, hari ini saya berkunjung kesini untuk yang kedua kalinya di tahun ini. Kita melihat kemajuan yang sangat pesat, jalannya bersih dan hari ini saya sempatkan untuk datang ke Istano Basa Pagaruyung, disambut sangat hangat dan inilah salah satu cerminan budaya kita, Budaya Minangkabau yang ramah sesuai dengan ‘Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah’ semoga bisa kita pertahankan untuk Minangkabau ke depannya,” sebutnya.

Turut mendampingi Camat Tanjung Emas Abramis Yuzi dan Kapolsek Tanjung Emas. (Nazwira)