JAKARTA – Pencak silat atau Silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunai Darusalam dan singapura, Filiphina selatan, dan Thailand sesuai dengan penyebaran suku bangsa Melayu Nusantara.

“Perguruan Pencak Silat Lumbung Harapan adalah Sebuah wadah yang Membina dan yang Menyalurkan bakat anak-anak dan Remaja Indonesia, Khususnya dalam bidang seni beladiri tradisional,” ungkap Eyang Imam Safi’i Guru Besar PSLH kepada IndonesiaParlemen.com,. Senin (16/4/2018).

Pada Awalnya, Lanjutnya. Perguruan Pencak Silat Lumbung Harapan didirikan oleh Abah Aam pada tahun 1945, diteruskan oleh bapak Bambang Suryanto (Marimo), dan di Kembangkan Kembali oleh Bapak Imam Safi’i pada Tahun 1997, Kemudian Berkembang dan bergerak untuk melestarikan seni beladiri tradisional pada tahun 2010.

Kepengurusan perguruan dengan Memakai Nama ‘Perguruan Pencak Silat Lumbung Harapan’, oleh Guru Besar Eyang Imam Safi’i yang Berasal dari Kediri Jawa timur ini mempunyai Perguruan di daerah Matraman Kel. Manggarai Kec.Tebet-Jakarta Selatan dengan Beranggota lebih dari 200 orang dari berbagai Kalangan Muda Mudi.

Tujuan utama agar Seni Beladiri Silat Warisan Leluhur ini tidak Punah, serta Mencetak Manusia Handal untuk lebih Percaya Diri dan Mawas diri. SILAT Adalah olahraga bela diri yang memerlukan banyak Gerakan dan Olah Batin serta Rasa. Biasanya setiap daerah di Indonesia mempunyai Aliran pencak silat yang khas.

“Misalnya, daerah Jawa Barat terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong, di Jawa Tengah ada aliran Merpati Putih dan di Jawa Timur ada Pagar Nusa dll. Di tingkat nasional olahraga melalui permainan dan olahraga pencak silat menjadi salah satu alat Pemersatu Nusantara, bahkan untuk mengharumkan nama bangsa, dan menjadi identitas bangsa.Di Indonesia banyak sekali Aliran-aliran dalam Pencak silat, dengan banyaknya aliran ini menunjukkan kekayaan Budaya masyarakat yang ada di Indonesia dengan nilai-nilai yang ada di dalamnya.Pencak Silat Lumbung Harapan itu Sendiri merupakan Seni Silat yang di dalamnya ada Gerakan Rasa dan Ilmu Olah Pernafasan yang terdiri dari 4 Aspek yaitu, Aspek Mental Spiritual, Aspek Beladiri, Aspek Seni, Aspek Olahraga,” pungkasnya. (Rochman)