JAKARTA – Libur Lebaran 2018 sudah di depan mata. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang sedang mencari tempat wisata seru untuk dinikmati bersama keluarga, mungkin dapat mengunjungi Dunia Fantasi Ancol.

Hari pertama libur Lebaran dimanfaatkan warga untuk berkunjung ke tempat wisata setelah bersilaturahmi. Di Taman Impian Jaya Ancol, jumlah pengunjungnya siang ini mencapai 33 ribu orang.

4.717 mobil dan 3 ribu motor yang masuk kawasan Ancol. Hari ini diprediksi jumlah pengunjung mencapai lebih dari 50 ribu orang. “Hingga pukul 14.00 WIB, penjung 33.169 orang,” ujar Manager Corporate Communication Ancol Taman Impian, Rika Lestari kepada wartawan, Jumat (15/6/18) siang.

Pada libur lebaran 2018, Ancol menyuguhkan atraksi hiburan yang diantaranya di; Dufan, Seaworld dan Ocean Dream Samudra, Ancol Nusantara Festival yang akan digelar di Pantai Lagoon pada 15 Juni-15 Juli 2018. Berbagai penampilan seperti kesenian dan kuliner nasional, karnival nusantara, serta persembahan untuk seniman Betawi, Benyamin Sueb, akan dihadirkan di pantai ini.

Pasar seni Ancol juga akan mengadakan acara bertajuk Ancol Kampung Betawi Festival pada 15 Juni-Agustus 2018. Berbagai penampilan bernuansa Betawi seperti festival musik, penataan Pasar Seni Ancol, serta festival kuliner.

Berbeda dengan di Pantai Lagoon dan Pasar Seni yang kental gaya Betawi, Dunia Fantasi akan dibuat tambah seru dengan The Real International Show Dragon Ball Z. Para pengunjung dapat menyaksikan lima tokoh utama dalam serial kartun Dragon Ball Z, yaitu Goku, Picollo, Vegeta, Buu, dan Bulma di arena Indoor Dufan pada 15 Juni-31 Juli 2018.

Untuk wahana Sea World Ancol, pengunjung dapat menyaksikan acara Sea Turtle Day with Sea Turtle Divers selama 15-24 Juni 2018. Kemudian ada juga Under Water Juggling Ball, dan tak ketinggalan yang sedang demam saat ini, World Cup Kick Off pada 18-21 Juni 2018.

Selain itu, taman bermain air Atlantis juga menghadirkan dua wahana baru yakni Skybpx dan Dragon Race. Yang pertama berupa perosotan setinggi 14 meter dan panjang 78 meter. Sedang Dragon Race juga perosotan sepanjang 116 meter.

Bagi pengunjung yang memiliki anak kecil jangan khawatir tidak dapat bermain di Dufan, karena sudah ada wahana Dream Playground. Wahana bermain khusus anak-anak dengan luas 900 meter persegi ini, terdapat di dalam area indoor Dufan. Selama periode 15 Juni hingga 15 Juli juga akan diadakan lomba mewarnai khusus untuk anak-anak di area ini.

Sejumlah pengunjung yang ditemui indonesiaparlemen.com mengaku senang bisa datang ke Ancol. Banyak yang membuat acara keluarga maupun kelompok-kelompok di pinggir pantai karnaval sambil duduk lesehan di pasir pantai beralas terpal.

“Senang banget ke pantai Ancol, saya ikut liburan bareng teman-teman gereja,” ujar Diur Sinaga yang datang bersama rombongan Gereja Kristen Kalam Kudus (GKKK) Kosambi Baru Jakbar. (Truspal/Jones)