KABUPATEN LEBAK – Obyek Wisata diwilayah lebak masih tertuju dengan destisani yang ada saat ini, namun masih banyak rupanya potensi keindahan pantai di pantai selatan yang masih belum nampak yang terletak berada di blok Cimandiri laut Desa Situregen Kecamatan Panggarangan Kabupaten Lebak yaitu pantai Batu Sahulu.

Dimana wilayah tersebut tidak kalah dengan pantai lain yang ada di provinsi Banten, serta destinasi wisatanya juga indah dan menarik.

Adapun arti dari pantai Batu Sahulu ialah batu berbentuk kelapa, adapun lokasi surga pantai ini sangat mudah diakses karena posisi pantai tidak terlalu jauh hanya berjarak 50 meter dari jalan raya Rangkasbitung-Bayah tak jauh dari kantor Desa Situregen sehingga dengan kemudahan akses ini merupakan potensi yang kuat untuk menjadikan pantai ini menjadi destinasi pantai surga bagi wisatawan dengan pasirnya yg masih bersih dan alami juga ombak yg indah untuk pegiat dan petualang surfing.

Menurut Kepala Desa Situregen, Hendry SE,. menjelaskan Pantai Batu Sahulu saat ini sedang dalam tahap persiapan untuk menjadi destinasi wisata pantai alterrnatif selain sawarna dan pantai lainnya.

“Saat ini Pantai Batu Sahulu masih dikelola secara tradisional dan belum terorganisir, sehingga belum ada fasilitas untuk menunjang kenyamanan wisatawan, sehingga angka kunjungan wisatawan masih minim,” Papar Jaro Hendry.

Dalam waktu dekat, kami akan bangun fasilitas lahan parkir, saung-saung pedagang, fasilitas MCK, serta pondok penginapan, agar wisatawan baik domestik maupun mancanegara tertarik untuk datang.

“Sehingga Keberadaan Pantai Batu Sahulu dapat membuka peluang usaha baru bagi warga sekitar. Kami juga akan mendayagunakan potensi SDM yang ada untuk ikut berperan dalam pengelolaan guna menambah income baik untuk pribadi anggota maupun PAD Desa Situregen,” pungkas Jaro Hendry.

Hasil Pantauan dilokasi, pantai sepanjang kurang lebih 1 kilometer memiliki wilayah landai dengan ombak yang bersahabat juga pasir putih yang bersih dihiasi jajaran batu karang indah yang akan memanjakan para penyuka photograpi.

Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota dan pusat pemerintahan, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi wisatawan menjangkau tempat-tempat lain seperi berbelanja retail modern, jajanan kuliner dan perbankan.

Selain iti kelebihan Pantai ini juga apabila air laut sedang surut akan nampak gugusan batu karang berbentuk kepala manusia dan terdapat sebuah sumur ditengahnya.

Menurut kepercayaan warga setempat, air sumur tersebut dapat mengobati penyakit akut yang tidak bisa disembuhkan oleh pengobatan medis. (Glen/DR)