TANGERANG SELATAN – Kepala Kementrian Agama Kota Tangerang Selatan (Tangsel) H. Abdul Rojak, mewakili Kanwil Kementrian Agama Provinsi Banten, melantik H. Haerudin sebagai penghulu sekaligus Kepala kecamatan KUA Pondok Aren dan H. Jayadih sebagai Kepala KUA kecamatan Setu, Rabu, (25/7/18).

H. Abdul Rojak selaku Kepala Kementrian Agama Tangsel menginformasikan bahwa pembentukan dan pelantikan KUA kecamatan Setu merupakan hasil Pemekaran dari KUA kecamatan Serpong yang beberapa tahun sebelumnya dimekarkan menjadi Kecamatan Setu.

H. Abdul Rojak mengatakan, jabatan merupakan amanah dari Alloh SWT dan bukan pemberian dari pimpinan. Untuk itu pihaknya menghimbau dan mengintruksikan kepada semua KUA yang ada di Tangerang Selatan, untuk dapat menjalankan dan melaksanakan amah tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Ingatlah pada sumpah dan janjinya selaku pejabat Kepala KUA yang baru. Tugas dan tanggung jawab dari para KUA itu sangat bersentuhan langsung dengan warga masyarakat, dan sebagian tugas dari Kementrian Agama itu dilakukan oleh pihak KUA pada seksi Bimas Islam. Sekecil saja KUA melakukan kesalahan, maka akan jadi besar masalahnya ditengah masyarakat,” terangnya.

Dikatakan, baik buruk citra Kementrian Agama bergantung kepada kinerja para KUA yang ada di Tangerang Selatan. Jangan ada praktek pungli di KUA, biaya nikah itu gratis bila dilakukan dikantor KUA pada hari kerja, dan hanya dikenakan biaya 600 ribu jika pernikahannya diluar kantor dan diluar jam kerja pada hari Senin hingga Jum’at.

“Jangan ada praktek pungli, dan jika ada laporan pungli kepada masyarakat. Saya tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas,” tandasnya.

Sementara itu, Heru Agus Santos Camat Setu yang hadir dalam pelantikan Kepala KUA kecamatan Setu menyatakan rasa bersyukurnya atas dilantik dan dibentuknya KUA kecamatan Setu hasil pemekaran dari kecamatan Serpong.

“Alhamdulillah sekarang warga masyarakat kecamatan Setu sudah memiliki KUA sendiri. Dengan demikian kepentingan warga masyarakat Setu yang berkaitan dengan pernikahan, zakat dan lainnya akan lebih dekat dan mudah. Dan untuk kantor KUA nya sendiri, kami telah mempersiapkannya dengan baik dan sangat representatif untuk kepentingan masyarakat Setu,” terangnya.

Ditempat yang sama, H. Jayadih Kepala KUA Setu saat bersama H. Haerudi Kepala KUA Pondok Aren merasa bersyukur dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan Kementrian Agama kanwil provinsi Banten.

“Ini sebuah amanah dan tanggung jawab yang besar dan terhormat kepada kami. Insya Alloh kami akan menjaga amanah dan kepercayaan ini dengan baik,” pungkasnya. (Glen)