BANDUNG – Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) menggelar acara pelantikan DPD dan DPC kota se Kabupaten Se-Jawa Barat, di Kantor Gubernur Jawa Barat (Gedung Sate), Kamis, (9/08/2018) kemarin.

Acara pelantikan di pimpin oleh ketua umum DPP PWRI Suriyanto PD., SH., MH., Mkn,. didampingi Sekjen DPP PWRI Zulfikar Taher SH., SPd.l,. Dalam acara pelantikan dihadiri oleh semua kalangan baik dari anggota DPD dan DPC PWRI di Seluruh Indonesia serta Undang dari instansi TNI-Polri dan Tokoh Sunda serta lembaga instansi pemerintah maupun swasta.

Ketua Umum PWRI Suriyanto PD SH MH Mkn,. menegaskan bahwa wartawan harus paham betul tentang hukum, serta tajam dalam pemberitaan yang bersifat mengingatkan dan kritis untuk mengontrol Pemerintah.

“sebagai upaya memajukan Daerah Jawa Barat pada khususnya, dengan tetap mengedepankan etika dan prinsip-prinsip jurnalitik yang benar dan santun, Serta harus ikut menjaga lingkungan yang sedang digalakan oleh TNI dan Polri se Jawa barat, lewat Program Citarum Harum,” jelasnya.

Ketua Umum PWRI sempat merasa kecewa dengan acara pelantikan ini, karena sebagai tuan rumah (Gubernur Jawa Barat) mendadak ada tugas keluar kota dan tak seorangpun yang bisa mewakilinya untuk duduk bersama menyaksikan acara pelantikan.

Sebagai undangan tamu kehormatan dan tokoh orang sunda, Ceu Popong. Dalam sambutannya pidatonya membahas tentang organisasi yang benar ada tiga yang wajib ada di dalam tubuh organisasi, yaitu, Bekerja sama, Milik bersama dan Tanggung jawab bersama, jika ke tiga itu sudah melekat didalam tubuh PWRI, maka segala sesuatunya pasti akan berjalan sesuai dengan keinginan dan semakin tumbuh besar PWRI ini.

“Wartawan itu harus tampil elegan dengan gaya penampilan serta mempunyai karya-karya jurnalistik yang baik, santun, cerdas, edukatif dan berbudaya, sebagai alat kontrol pemerintah agar lebih maju dan memperbaiki kinerjanya untuk perbaikan seluruh daerah, bangsa, dan negara ke depan,” ungkap Ceu Popong.

Ketua DPD PWRI Jawa Barat, Ir.Budi Suyitno, setelah resmi dilantik, menyampaikan dalam Pidatonya dengan ucap syukur dan berterima kasih kepada Ketua Umum, Sekjen dan Ketua OKK dan Juga semua rekan PWRI baik dari DPP, DPD dan DPC di seluruh Indonesia turut hadir dalam acara pelantikan DPD dan DPC kota se kabupaten Se-Jabar.

“Saya berharap untuk selalu menegur jika salah, untuk terus memberikan bimbingan dan arahan arahan yang positif, demi DPD PWRI jawa barat, serta dapat bersinergi kepada semua jajaran pemerintahan di seluruh Jawa Barat, karena PWRI akan membantu membawa kemajuan dan perubahan,” ucap Ketua DPD PWRI Jawa Barat. (Rochman)