JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Upacara Sertijab (serah terima jabatan) Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) diserah terimakan dari Irjen Pol Royke Lumowa kepada Irjen Pol R.Z. Panca Putra.

Upacara sertijab ini langsung dipimpin oleh Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis Senin (31/8/2020) pagi, di Rupatama Mabes Polri, Jakarta.

Diketahui, sertijab tersebut berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1614/VIII/2020 tanggal 3 Agustus 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Selanjutnya Irjen Pol Royke Lumowa dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri. Sebelum menjabat Kapolda Sulut Irjen Pol R.Z. Panca duduk sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Selain Kapolda Sulut, sejumlah Polda dilaksanakan sertijab beberapa Pejabat Utama Mabes Polri yang dilanjutkan dengan korps raport kenaikan pangkat ke dan dalam golongan Pati (Perwira Tinggi) Polri.

Sementara itu Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono, menerangkan, ada beberapa Pati Polri yang mutasi atau mendapatkan jabatan baru, kemudian delapan Kapolda yang dirotasi, Asops Kapolri dan Kadiv TIK Polri.

“Terkait dengan kenaikan pangkat golongan Pati Polri, terdapat 10 Pati yang mendapatkan kenaikan pangkat Irjen dan 12 mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Brigjen,” pungkasnya.

Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Jules Abraham Abast, mengatakan, rencananya rangkaian welcome and farewell parade Kapolda Sulut dilaksanakan hari Rabu (02/9/2020).

“Ada beberapa kegiatan, di antaranya penyambutan Kapolda Sulut, upacara serah terima pataka, laporan kesatuan, pisah sambut Kapolda Sulut, dan commander wish,” kata dia. (Rls/ Esesensi)