PEKALONGAN, INDONESIAPARLEMEN.COM – Dalam rangka mengukur keberhasilan pelaksanaan tugas jajaran, Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K., pagi tadi memimpin kegiatan Gelar Operasional (GO) bulanan di ruang Aula Mapolres Pekalongan, Kamis (12/11/2020)

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakapolres Pekalongan Kompol Andis Arfan Tofani, S.H., M.H, para Kabag, Kasat, Kasie dan Kapolsek jajaran Polres Pekalongan.

Dalam arahannya, AKBP Darno mengatakan, kegiatan Gelar Operasional itu dilakukan guna menganalisa dan mengevaluasi kinerja, satuan fungsi dan Polsek jajaran selama sebulan.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan GO bulanan ini adalah sebagai bentuk analisa dan evaluasi (Anev) guna mengetahui dinamika di satuan kerja Polres Pekalongan dan Polsek jajaran, baik di bidang pembinaan maupun bidang operasional, sebagai pertimbangan dalam menentukan kebijakan terhadap pelaksanaan tugas ke depannya agar lebih efektif dan tepat sasaran,” ujarnya.

Kapolres juga menyampaikan, menjelang pelaksanaan Pilkada tahun 2020, pihaknya kembali menekankan kepada jajarannya agar tetap bersikap netral dengan tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon.

“Ingatkan anggota kita, netralitas Polri dalam Pilkada adalah harga mati,” terang AKBP Darno.

Tak sampai disitu saja, sebagai orang nomor satu di Polres Pekalongan ia tak henti-hentinya selalu mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan salah satunya menggunakan APD berupa masker saat bertugas selama pandemi Corona (Covid-19)

“Patuhi prosedur pencegahan penyebaran virus Covid-19. Jangan sampai kita mengingatkan masyarakat, tapi anggota Polri sendiri mengabaikan akan kesehatannya sendiri,” ucap Kapolres.

Dikatakannya, anggota Polri sangat rentan terpapar virus tersebut. Mengingat dalam keseharian tugasnya selalu bertemu orang lain dalam pelayanan publik.

Oleh karenanya, Kapolres mengingatkan anggotanya ketika pulang kerumah, pastikan langsung melepas seragam dan mandi sebelum menyentuh anggota keluarga agar kemungkinan adanya paparan virus Covid-19 dari badan dan pakaian yang dikenakan dapat dicegah.

“Dengan kita menaati prosedur pencegahan penyebaran virus Covid-19 seperti menggunakan masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dan sebagainya, maka dapat memberikan contoh bagi masyarakat untuk melakukan hal serupa,” ujarnya. (Miftah)