Asahan, INDONESIAPARLEMEN.COM – Personil TNI AD, baik prajurit militer dan PNS diwajibkan mempunyai postur dan kemampuan fisik yang prima untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok, hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan terlebih ditengah Pademi Covid – 19, prajurit dituntut siap untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, kesiapan tersebut tercermin dari kegiatan evaluasi postur serta kemampuan fisiknya melalui uji kesemaptaan jasmani, Senin ( 23/11/2020), di Makodim 0208/AS, Kisaran, Kab. Asahan, Prov. Sumatera Utara.

Dandim 0208/AS Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos melalui Ketua Tim Wasev Kapten Inf Erizal menyampaikan, evaluasi postur dan kesegaran jasmani serta renang dasar militer sudah menjadi kewajiban dilingkungan TNI AD yang dilaksanakan 2 kali setiap tahunnya, hal itu bertujuan untuk mengukur kesiapan prajurit dalam melaksanakan tugas serta untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran khususnya ditengah Pademi Covid – 19, saat ini, jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan Kesemaptaan Jasmani dilaksanakan selama Dua hari,lantaran tidak cukup Satu hari untuk pelaksanaan uji kesemaptaan bagi seluruh personil Kodim 0208/AS, kegiatan dilaksanakan dengan tetap mengikuti tahapan pelaksanaan test kesemaptaan jasmani.

Kapten Inf Erizal menjelaskan, pelaksanaan Pelak uji postur dan kesemaptaan jasmani personil militer dan PNS Kodim 0208/AS pada hari pertama diikuti oleh personil dengan rincian sebagai berikut :
Untuk uji postur dan kesemaptaan jasmani periodik II TW. IV tahun 2020 sebanyak 195 orang.

Lalu, Semapta UKP 1/04 tahun 2021 sebanyak 27 orang, Pra UKP 1/10 tahun 2021 sebanyak 42 orang, total jumlah personil yang melaksanakan Periodik, UKP dan Pra UKP seluruhnya 264, orang di hari pertama.

Sementara Koordinator pelaksanaan kegiatan Kesemaptaan Periodik, UKP dan Pra UKP Kapt Inf TH. Simanjuntak, menyampaikan, untuk kegiatan evaluasi langsung di awasi oleh Kepala Jasmani Militer Korem 022/PT Kapten Inf Yudi Chandra, baik Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Kodim 0208/AS wajib mengikuti evaluasi.

Adapun materi evaluasi kesemaptaan jasmani yang di ujikan adalah Postur, Kesemaptaan A dengan materi lari selama 12 menit, kesemaptaan B meliputi, Pull Up, Sit Up, Lunges, Push Up dan Shutle Run
Renang dasar militer.

Pelaksanaan evaluasi Postur dan Kesemaptaan Jasmani terlihat berjalan tertib dan aman serta dilaksanakan dengan kesiapan prajurit dan PNS sekalipun cuaca sedikit gerimis dan kegiatan mengikuti Protokol Kesehatan. (Surya Dmk)