PEKALONGAN, INDONESIAPARLEMEN.COM – Pungangan, Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan, sangat butuh perhatian dari instansi terkait dari obyek sumberdaya alam di sektor wisata alam dan religi. Hal di sampaikan oleh kepala desa saat di konfirmasi awak media.

Banyaknya potensi desa yang seharus nya sudah mendatangkan pendapatan asli desa sampai saat belum bisa dikelola dengan baik karna semua itu butuh proses dan anggaran yang tidak kecil.

Salah satu tokoh masyarakat setempat menuturkan , selain potensi wisata alam sebenarnya di sini banyak situs bersejarah di bidang spiritual seperti makan dan petilasan para leluhur kewalian yang sampai sekarang tetap di keramatkan. Pada musim tertentu banyak sekali Para peziarah yang datang baik dari pekalongan sendiri maupun daerah luar pekalongan,jika ini bisa dijadikan wisata religi ,sungguh sangat potensial dalam menguri uri n daya Nusantara.

Dalam kesempatan itu kepala desa memberikan penjelasan terkait pembangun,tentunya dengan segala kemampun dan kewenangan nya akan terus memberikan yang terbaik buat masa depan desa.Keberhasilan semua progres yang sudah di agendakan baik secara pribabadi ataupun melalui musyawarah desa tak akan bisa terwujud  tanpa sumbangsih warga desa dalam ikut serta bersama sama memberikan kerja nyata membangun desa.

Di sektor pertanian desa pungangan hampir tidak ada, karena letak desa sendiri bukan di dataran lahan  pertanian  melainkan posisi di tengah hutan yang berbukit dan sangat mustahil untuk bercocok tanam padi disebabkan letak geografisnya hutan pegunungan  yang lebat.

Saya juga sangat berharap ada pelebaran jalan dan itu butuh anggaran yang tak sedikit, makanya dia sangat membutuhkan perhatian dari pemda agar bisa merealisasikan harapan warga. Agar dalam menjalankannya aktifitas bisa tenang tanpa adanya kehawatiran terjadi nya kecelakaan karena medan jalan yang sempit dan curam.

Terkait himbauan pemerintah tentang bahwa setiap desa di wajibkan adanya BUMDES, supaya desa bisa berperan penting dalam menyukseskan program pemerintah dan tentunya bisa meningkatkan pendapatan asli desa yang bisa menopang perekonomian masyarakat dari sebelumnya sehingga masyarakat desa dapat meningkatkan taraf hidup mereka di kedepannya,”tutur abdurrahman selaku kades pungangan. (Miftah)