KABUPATEN BEKASI -INDONESIAPARLEMEN.COM – Giat Pasar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diselenggarakan di Taman Wanasari RW.04, Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Kamis (24/12/2020).

Acara ini dihadiri oleh Kepala bidang Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi, Camat Cibitung, Lurah Wanasari, Perwakilan Bank BRI Cabang Tambun Selatan Unit Pasar Pamor, Ketua RW kelurahan Wanasari dan Para Ketua RT 04, ketua PKK Perumahan Wanasari indah, Kader UMKM Serta tokoh lingkungan sekitar.

Ketua Rukun Warga (RW) 04, Kelurahan Wanasari, Aidil dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas kesehatan yang diberikan kepada yang menghadiri acara serta salam hormat kepada Para tamu undangan.

“Dilaksanakan Pasar UMKM ini merupakan rasa tanggung jawab kami sebagai pengurus RW, warga yang diajukan menerima bantuan usaha mikro sebesar 2,4 juta,” Kata Aidil.

Dengan cara memberikan surat usulan warga melalui dari tingkat kelurahan sampai pemerintah daerah dan pusat untuknrekomendasi warga yang mendapat bantuan tersebut harus digunakan untuk usaha.

Aidil berharap kedepan pemerintah lebih memperhatikan usaha mikro khususnya di wilayah rukun warga wanasari agar lebih maju dan berkembang dalam usahanya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan sebagai pengurus RW 04 mendapat kepercayaan pemerintah pusat maupun daerah di tahun 2020. Dengan anggaran APBN Rp.852.000, APBD Provinsi tingkat 1 Jawa barat Rp. 33.600.000, APBD tingkat 2 Kabupaten Bekasi Rp.326.40.000 total keseluruhan anggaran dari pemerintah pusat dan daerah yang diterima pengurus Rukun Warga 04 sebesar Rp. 1.212.000.000.

“Ini adalah sebuah kebanggaan kami, sebagai pengurus RW khususnya warga yang ada di wilayah Rukun Warga 04 karena dipercaya mendapatkan anggaran APBN dan APBN tersebut,” Imbuh Aidil

Sambutan selanjutnya dari Camat Cibitung, Encun Sunarto menyampaikan sangat mengapresiasi atas gagasan ketua Rukun Warga 04 dalam menyelenggarakan kegiatan pasar UMKM di Wanasari dengan tetap menjaga protokoler kesehatan.

“Saya kembali hadir disini (di wilayah RW.04), karena sebelumnya yang pertama waktu itu saya meninjau pembangunan yang ada diwilayah Wanasari dan melihat kesiapan wilayah RW.04 sebagai Kampung siaga dalam menjalankan gugus tugas Covid di wilayah Cibitung karena RW.04 sangat luar biasa! dalam rangka penanganan maupun pencegahan memutus mata rantai Covid,” imbau encun Sunarto.

Encun Sunarto berkata, dalam undangan kali ini dengan diselenggarakan pasar UMKM, ia berharap semoga dapat menumbuhkan perekonomian di wilayah Wanasari.

Encun Sinarto juga terus mengingatkan kepada masyarakat khususnya di lingkungan RW. 04 dalam pencegahan covid agar tetap mematuhi protokoler kesehatan dengan cara 3 M (Menjaga jarak, Memakai Masker, Mencuci tangan) karena menurut dia Penyebaran Covid di wilayah Cibitung masih tinggi.

“Untuk virus harus mati tapi UMKM tidak maka dari itu menurut saya, kegiatan positif RW.04 ini akan menjadi contoh untuk RW yang ada di kelurahan Wanasari dalam meningkatkan ekonomi,” pungkas Encun Sunarto.

Kabid. Koprasi dan UMKM Kabupaten Bekasi, Mirtono Suhaeriyanto menerangkan dari usulan kabupaten Bekasi 149 ribu yang sudah terealisasi 91 ribu. Dan yang belum terselesaikan masih ada 5 ribu lagi. “jangan putus asa yang jelas masih diusahakan pengajuan tersebut dan menurut perkembangan informasi dari kementerian ditanggal 31 Desember ini akan kembali di turunkan bantuan tersebut,” Ujarnya.

Menurut Mirtono Suhaeriyanto di tahun 2021 Dinas UMKM kabupaten Bekasi sudah bekerjasama dengan Alfamart dan Indomaret yang nanti produk UMKM akan di pasarkan di dalam Alfamart dan Indomaret dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian UMKM. Selain itu Dinas Koperasi dan UMKM kabupaten Bekasi dapat membantu bagi yang ingin membuat koperasi secara gratis serta membuat lebel halal. Semua akan didukung oleh dinas Koperasi dan UMKM.

Indah Cristianti selaku perwakilan dari Bnk BRI Cabang Pasar Pamor mengucapkan selamat bagi warga yang telah menerima bantuan BPUM di Bank BRI unit pasar pamor dan menyampaikan terimakasih karena dipercaya dilibatkan dalam acara pasar UMKM di RW.04 wanasari.

“Saya sangat senang bahwa BPUM yang disalurkan melalui BRI dengan jumlah 2,4 juta ini digunakan benar untuk usaha dimasa Covid,”  ujar Indah.

Lebih lanjut Indah berharap semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk usaha kecil.

(Dirham)