KABUPATENMALANG, INDONESIAPARLEMEN.COM-Masyarakat dusun Bendorejo Sumberagung, Ngantang, Kabupaten Malang, Jatim bergotong royong membangun Jalan usaha tani, Sabtu (02/01/2021). Jalan yang rencananya akan digunakan untuk para petani ini akan dibangun sepanjang 125 meter.

Suhadi selaku  Kepala Dusun dana pembangunan jalan ini di ambil dari swadaya masyarakat setempat. “artinya yang punya lahan disitu plus donatur dari warga yang merasa mampu,” Tutur Suhadi kepada indonesiaparlemen.com. Besar kecilnya iuran warga ditentukan oleh seberapa luas tanah yang ia miliki.

Lebih lanjut, Suhadi menuturkan yang terpenting adalah adanya kekompakan dan sumbangan tenaga dari warga untuk pengerjaan pengecoran jalan. Untuk biaya sendiri ditaksir senilai Rp. 27 juta. “sudah mengajukan Permohonan proposal ke dinas pemerintah kab malang Jawa Timur tetapi sementara belum ada tanggapan,” Sesal Suhadi.

Kondisi jalan yang rusak membuat petani setempat sulit untuk melalui jalan tersebut. “Kalau mau angkut hasil tani sulit karena aksesnya rusak sekali. Dengan begini bisa membantu petani untuk mengurangi biaya operasional mereka juga, ” Ujar Jumali salah seorang warga. Tentunya pembangunan akses jalan ini disambut baik banyak pihak. Ini mereka tunjukkan dengan kesediaannya bergotong royong.

(Juari)