Salah satu protes dari warga, Foto: Cnn Indonesia

SOLO, INDONESIA PARLEMEN – Aksi protes dilakukan Warga Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon atas keputusan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang memberhentikan Lurah Gajahan, Suparno.

Mereka meminta Gibran menarik kembali keputusannya. Aksi protes sejumlah warga memasang spanduk bernada protes atas pemberhentian Suparno.

Beragam spanduk bertuliskan “Save Suparno” dan “Lurah hebat kok dipecat” tampak terpasang di pagar Kelurahan Gajahan Senin (3/5/2021). Tak hanya itu, warga juga menggalang tanda tangan dukungan untuk Suparno.

“Enggak terima lah masyarakat lurahnya dipecat,” kata Joko Purwanto selakuKetua RT 1 RW 5 Kelurahan Gajahan, dikutip dari CNN Indonesia.

Dia berujar jika spanduk dukungan di pagar Kelurahan Gajahan memang dipasang oleh warga setempat. Spanduk tersebut dilepas atas permintaan petugas keamanan.

Tak hanya itu, warga bersama Pengurus PKK juga akan menghadap Gibran untuk menyampaikan dukungan kepada Suparno.

“Tanda tangan yang terkumpul ini nanti mau kita serahkan ke Wali Kota,” Ucapnya.

Joko menilai, kinerja Suparno selama menjabat sebagai Lurah Gajahan sangat memuaskan. Ia dikenal dekat dengan warga. Bahkan tak jarang Suparno merogoh kocek pribadi untuk menutup biaya kegiatan warga.

“Uang kebersihan juga sering dia bayar dulu. Kalau ada warga yang belum membayar dia mau kok menutup kekurangannya,” Ucapnya.

Bicara soal pungli berkedok zakat fitrah yang menimpa Suparno, Joko mengatakan hal tersebut sudah berlangsung sejak Suparno belum menjadi lurah.

“Masalah minta pungutan itu ya jangan langsung dipecat. Kok tahu-tahu langsung dipecat,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan Camat Pasar Kliwon, Ari Dwi Daryatmo. Ia mengatakan Suparno selama ini dikenal dekat dengan warga. Selama ini Suparno juga tidak pernah melakukan pelanggaran.

“Setahu saya Pak Lurah itu orangnya sesuai aturan. On track. Baru sekali ini,” Terangnya

Soal kasus pungli sedekah dan zakat fitrah, Ari mengatakan pungutan tersebut berawal dari inisiatif komandan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kelurahan Gajahan. Suparno sempat dua kali menolak menandatangani surat yang diajukan oleh Paguyuban Satlinmas Kelurahan Gajahan tersebut.

“Baru yang ketiga kali dia mau tanda tangan. Mungkin dia kasihan sama anak buahnya, ditambah lagi kelurahan juga belum bisa memberi THR,” Tutupnya.

Editor: Redaksi