Megapolitan

Indomaret-Buruh Sepakat Damai, Karyawan Yang Dipenjarakan Siap Kembali Bekerja

Foto: Ilustrasi

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Said Iqbal, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia atau KSPI mengatakan telah terjadi titik temu antara manajemen PT Indomarco Prismatama yang menaungi Indomaret dan kaum buruh yang diwakili oleh kelompoknya bersama Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan KSPI.

“Saling pengertian tersebut telah melahirkan kesepakatan, yaitu manajemen Indomarco menyetujui untuk menyelesaikan kasus yang menimpa Anwar Bessy karyawan Indomaret,” tutur Iqbal saat memberikan keterangan secara daring, Kanis (4/6/2021).

Dia mengatakan, PT Indomarco Prismatama juga kembali mempekerjakan Anwar Bessy sebagai karyawan Indomaret.

“Manajemen Indomaret grup pun menyetujui untuk mempekerjakan kembali saudara Anwar Bessy sesuai posisi yang dibutuhkan perusahaan tanpa mengurangi hak-hak pekerja,” Jelasnya.

Baca Juga :  Akhiri Konflik, Indomaret dan Buruh Sepakati Perjanjian Bersama

Sebelumnya Anwar Bessy alias Ambon berstatus terdakwa dan tengah menjalani proses hukum di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Anwar adalah salah satu pegawai Indomaret yang memprotes kebijakan perusahaan yang diduga memotong Tunjangan Hari Raya (THR) untuk periode Mei 2020.

Editor: Redaksi

“Beliau karyawan tetap Indomaret, yang melaporkan (ke pihak berwajib) pihak Indomaret langsung,” kata Amrizal, salah satu kuasa hukum Anwar Bessy saat dihubungi di Jakarta, Senin, 17 Mei 2021.

Saat ini, kata Amrizal, Anwar masih tercatat sebagai pegawai Indomaret. Tapi, ia diberi hukuman skorsing selama proses persidangan berlangsung. “Statusnya saat ini tahanan kota,” Terangnya.

Baca Juga :  Komite I DPD RI Perjuangkan Nasib Puluhan Ribu Media

Anwar didakwa dengan Pasal 335 KUHP. Lalu pada 4 Mei 2021, jaksa penuntut umum telah membacakan dakwaan untuk terdakwa. “Selasa besok memasuki agenda pembacaan eksepsi,” kata Amrizal.

Untuk itu KSPI dan FSPMI telah melancarkan aksi boikot terhadap ratusan gerai milik Indomaret selama tiga hari sejak Kamis, 27 Mei 2021.

Editor: Redaksi

Dengan perundingan terbaru antara Indomarco, KSPI dan FSPMI telah diputuskan bahwa penyelesaian kasus tersebut di luar pengadilan.

“Dengan demikian, maka kedua belah pihak punya tanggung jawab untuk membuat suasana hubungan beliau menjadi harmonis, dan menjaga nama baik perusahaan dimana saudara Anwar Bessy bekerja,” kata Iqbal.

Editor: Redaksi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button