TANAh DATAR –  Asisten Satu Tanah Datar, Suhermen menyanggah jika salah satu warganya yang bernama Rosmawati tidak pernah mendapat bantuan dari pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

“Kita telah menindaklanjuti atas kisah curahan hati seorang nenek yang hidup dari uluran tangan tetangga. Tentu kita selaku Pemerintah ingin memastikan secara langsung,” kata Suhermen kepada Indonesia Parlemen, Minggu (29/7/2021).

Terkait pengakuan Rosmawati yang mengaku tak pernah mendapatkan bantuan, Suhermen juga telah melakukan penelusuran. Hasilnya, Rosmawati telah masuk dalam daftar penerima bantuan dari pemerintah. Tak hanya itu, sebuah data yang diterima redaksi Indonesia Parlemen berisikan data yang membuktikan jika Rosmawati juga menerima bantuan untuk memperbaiki rumahnya.

“Kita juga cukup kaget apakah benar si nenek tak mendapatkan bantuan, maka kita coba cek lagi ternyata nenek itu tersebut sudah masuk dalam data basis data terpadu (BDT) berupa penerimaan bantuan lansia dari Kementerian Sosial (Kemensos). Ya kita juga cukup memaklumi pernyataan si nenek mungkin lantaran kondisi si nenek yang sudah usia sepuh,” ujar Suharmen.

Hal senada juga diungkapkan warga sekitar rumah Rosmawati. Dia mengaku kerap melihat Rosmawati mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat.

“Saya melihat dengan mata kepala saya sendiri pak Camat Pariangan hampir tiap bulannya dengan sembunyi datang memberi bantuan secara pribadi ke rumah nenek Rosmawati,” ungkapnya.

Sebelumnya, Rosmawati mengaku belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah setempat. Hanya sembako berupa beras dan telur yang pernah dia terima dua kali.

Reporter: Debi Putra

Editor: Angie