Pembinaan dan pelatihan terhadap anggota satgas Linmas Desa se- Kecamatan Maos digelar di Kecamatan Maos Cilacap Jawa tengah pada Senin (7/3/2022) .

CILACAP – Pembinaan dan pelatihan terhadap anggota satgas Linmas Desa se- Kecamatan Maos digelar di Kecamatan Maos Cilacap Jawa tengah pada Senin (7/3/2022) .

Pemberian materi tentang Linmas ini di berikan oleh Danramil 07/ Maos, M Isa Saefudin.

Dia mengajak anggota Satlinmas untuk kilas balik sejarah perjalanan bangsa.

“Yang diawali masa kejayaan kerajaan Nusantara yakni Sriwijaya dan Majapahit yang mampu mempersatukan Nusantara,” kata M Isa.

Dihadapan ke Empat puluh  anggota Satlinmas M Isa juga menceritakan masa dimana perjuangan kemerdekaan yang bersifat kedaerahan hingga munculnya semangat nasionalisme yang di motori lahirnya Boedi Utomo, yang kemudian diperkuat dengan lahirnya Sumpah pemuda dan mampu menjadi energi positif bagi perjuangan bangsa hingga lahirnya NKRI melalui kemerdekaan 17 Agustus 1945.

“Keberadaan Linmas yang dulu di kenal dengan nama Hansip ini, Keberadaanya sudah sejak pemerintahan Hindia-Belanda bercokol dibumi pertiwi tercinta ini.” paparnya.

Danramil juga berharap seluruh peserta latihan mampu menjaga kekompakan dan selalu menjaga sikap sebagai anggota Linmas.

“Serta selalu lakukan koordinasi dengan aparat keamanan apabila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dalam menjalankan tugas pengamanan nanti,”pungkasnya.

Jurnalis: Heri