Wali Kota Bogor, Bima Arya. DOk: ist

BOGOR – Wali Kota Bogor Bima Arya mengimbau kepada para aparatur sipil negara (ASN) untuk mengalokasikan dana buka puasa bersama (bukber) untuk membantu warga tak mampu. Ini dilakukan seiring pelarangan ASN melakukan bukber.

Dia meminta pegawai di lingkungan pemerintahannya membantu warga yang kesulitan ekonomi melalui gerakan “ASN Peduli, ASN Berbagi” selama Ramadhan 1443 H.

“Daripada dialokasikan untuk buka bersama, lebih baik dialokasikan uang bagi yang membutuhkan, bagi kaum duafa,” kata Bima, Selasa (5/4/2022).

Menurutnya, selama pandemi Covid-19, masih banyak warga yang kesulitan ekonomi, sehingga alangkah baiknya jika ASN dapat membantu.

Bima menyebut akan berbagi kepada warganya sambil memeriksa vaksinasi Covid-19 di sentra-sentra vaksin yang disediakan Dinas Kesehatan, Kecamatan, Polsek, Polresta Bogor Kota, dan TNI.

Untuk itu dia menargetkan vaksinasi penguat mencapai 50 persen atau 409.722 orang dari 819.444 warga target sasaran selesai pada minggu ketiga atau 21 April 2022.

“Selama Ramadan ini, insyaallah saya niatkan untuk berbagi bersama kaum duafa, sambil memeriksa pelaksanaan pemberian vaksin,” jelas dia.

Sambil melakukan pemantauan, ASN diimbau memberikan bantuan kepada warga yang didatanginya. Mengingat, harga pangan yang sedang mengalami kenaikan membuat tidak semua warga sanggup memenuhi semua kebutuhannya.

Dia berujar, Ramadan menjadi momentum agar semua bisa saling tolong-menolong. Khususnya bagi ASN, Bima mempersilakan untuk menyisihkan sebagian hartanya kepada warga kurang mampu.

“Sekarang banyak warga yang kesulitan sembako, minyak goreng, ya kita bantu, apa yang bisa kita bantu, kita bantu ringankan beban warga,” pungkas dia.