Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kakanwil BPN) DKI Jakarta, Dwi Budi Martono. Dok: IP/Agung

JAKARTA- Kementerian Agraria dan Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) resmi meluncurkan Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran).

Nantinya program tersebut akan dilaksanakan diseluruh kantor pertanahan dengan membuka pelayanan hari Sabtu dan Minggu.

Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kakanwil BPN) DKI Jakarta, Dwi Budi Martono mengatakan adanya program tersebut banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Terbukti pelayanan kantor pertanahan saat dibukanya hari Sabtu – Minggu banyak juga masyarakat yang mendatangi terutama pada hari Sabtu,” kata dia kepada wartawan di Kantor Wilayah (Kanwil BPN) DKI Jakarta, Jumat (11/8/2022)

Program ini dinilai memudahkan masyarakat yang tidak punya waktu dihari kerja untuk mengurus aset tanahnya diakhir pekan.

Tidak hanya PELATARAN saja, Dwi mengungkap Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menginstruksikan adanya loket khusus bagi masyarakat yang mengurus sendiri sertifikatnya tanpa melalui perantara.

“Apabila ada yang tidak sesuai dengan prosedur dalam hal pengambilan sertifikatnya melebihi waktu yang ditentukan. Maka Menteri ATR/BPN memerintahkan kantor pertanahan untuk segera dianterkan kerumahnya,” ucap Dwi.

Saat ini layanan pelataran sudah berjalan di lima kantor pertanahan DKI Jakarta yakni Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat.

Jurnalis: Agung Nugroho