Ketua Umum Projo Budi Arie usai bertemu dengan Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Senin (7/11/2022). Dok: ist

JAKARTA – Relawan Pro Joko Widodo (Projo) menyampaikan pujiannya ke Ketua Umumnya Airlangga Hartarto. Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi mengatakan petinggi  partai berlambang pohon beringin sangat terbuka menerima silaturahim relawan Projo untuk mendiskusikan hasil musyawarah rakyat (Musra) yang sudah digelar di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Ini adalah pertemuan pertama kali relawan Jokowi ke kantor partai politik. Kami ingin juga berdiskusi dan menyampaikan hasil-hasil musyawarah rakyat, selain juga menyangkut bukan hanya nama capres-cawapres, tapi juga isu-isu yang aktual,” kata Budi Arie usai bertemu dengan Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Senin (7/11/2022).

Budi Arie menilai Airlangga bersama seluruh jajaran elite Partai Golkar sangat terbuka untuk mendiskusikan ide dan gagasan hasil musra relawan Projo. Ia berharap, hasil musra bisa memberikan warna dan bobot pada demokrasi nasional melalui pelibatan rakyat.

“Jadi seperti kata Pak Presiden Joko Widodo musyawarah rakyat ini adalah forumnya akar rumput, forumnya rakyat untuk bersuara,” ujar dia.

Ketum Projo mengaku menyampaikan sejumlah hal kepada jajaran Partai Golkar. Misalnya soal isu pendidikan, hingga kesehatan. Bahkan, secara spesifik, Projo juga menyampaikan aspirasi soal HGU yang sudah habis agar bisa diperjuangkan Partai Golkar untuk masyarakat Indonesia.

“Kami yakin seluruh Indonesia akan maju kalau kita bisa membangun dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat, dengan tepat dan juga bisa kita sampaikan,” jelas dia.

Sementara, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan mengapresiasi musra sebagai penyerap aspirasi rakyat.

Airlangga menegaskan, apa yang sudah dicapai pada musra akan diserap Golkar sebagai aspirasi yang bisa diperjuangkan melalui partai berlambang pohon beringin. Terlebih, Golkar memiliki kemampuan untuk mengikuti Pemilu 2024.

“Sekali lagi kami sampaikan, Golkar sudah mempunyai kemampuan untuk mengikuti Pemilu 2024, baik itu pileg maupun pilpres karena kami sudah membentuk yang namanya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB),” tutur Airlangga.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menambahkan, pihaknya bakal terus menjadi partai terbuka terhadap berbagai masukan dari seluruh pihak.

“Dan ini akan terus dijaga karena Partai Golkar basisnya adalah terbuka untuk ide dan gagasan, termasuk dari seluruh masyarakat yang dihimpun melalui musra,” kata Airlangga.

Sosok yang sudah dicalonkan oleh Golkar sebagai calon presiden 2024 ini mengatakan, apa yang ditunjukkan Golkar dan Projo saat ini sebagai sebuah sinergi antarorganisasi. Ia menegaskan, kemesraan Projo dan Golkar menunjukkan silaturahim menjadi penting dalam politik nasional.

“Projo ini sudah hadir dalam deklarasi KIB, dan hadir juga dalam HUT Golkar. Jadi silaturahim antarpimpinannya sudah dekat, dan sekarang dengan seluruh unsur yang jadi pendukung gagasan musra,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho